Senin, 05 Maret 2012

Mengidentifikasi Perangkat Keras yang Digunakan Dalam Akses Internet / Intranet

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi memungkinkan kita mengakses internet dengan menggunakan berbagai pilihan teknologi yang ada. Masing-masing teknologi mengakses dengan berbagai cara. Karenanya, perangkat keras tambahan yang dibutuhkan juga berbeda-beda. Berikut ini adalah macam-macam koneksi internet/intranet dan perangkat keras yang dibutuhkannya.


1.) Melalui Koneksi Dial - Up

Jika menghubungkan komputer ke internet dengan koneksi dial-up, maka ada dua perangkat keras tambahan yang dibutuhkan, yaitu saluran telepon dan modem. Perangkat keras tambahan yang digunakan untuk koneksi dial-up yaitu :
a. Saluran telepon.
Saluran telepon dibutuhkan untuk menghubungkan komputer dengan ISP (Internet Service Provider) yang digunakan.
b. Modem.
Modem dibutuhkan untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog agar dapat dikirimkan melalui saluran telepon, dan sebaliknya agar dapat dimengerti komputer. Terdapat dua jenis modem, yaitu modem eksternal dan modem internal.

2.) Melalui Koneksi ADSL

ADSL adalah suatu teknologi komunikasi data yang memungkinkan transmisi data yang lebih cepat melalui tembaga kabel telepon. Alat yang harus digunakan untuk mengakses internet dengan ADSL yaitu modem ADSL, jalur telepon, dan terdaftar pada ISP yang mempunyai layanan ADSL.

3.) Melalui Jaringan LAN

Menghubungkan internet melalui jaringan LAN banyak digunakan di perusahaan, kampus, maupun warnet. Agar dapat dihubungkan dengan komputer server di LAN, komputer harus memiliki LAN Card. Lalu, untuk menghubungkan sebuah komputer dengan komputer lain, maka diperlukan kabel UTP.

4.) Melalui Jaringan GPRS

GPRS merupakan teknologi pengiriman data dalam bentuk paket – paket menggunakan gelombang radio. GPRS memungkinkan pengiriman data sampai pada kecepatan 115 kbps. Alat yang dibutuhkan jika menggunakan GPRS yaitu sebuah handphone yang sudah mendukung teknologi GPRS dan sebuah SIM Card.

5.) Melalui Jaringan Wi-Fi

WiFi adalah teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi untuk mengirimkan data. Perangkat keras tambahan yang dibutuhkan untuk mengakses internet melalui jaringan WiFi adalah kartu WiFi.

6.) Melalui Jaringan TV Kabel

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk menggunakan jaringan TV kabel :
- Berlangganan dengan penyedia layanan TV kabel yang dilengkapi dengan layanan internet
- Perangkat komputer yang sudah dilengkapi internet
- Cable modem khusus jaringan TV kabel
- Ethernet Card

7.) Menggunakan Jaringan 3G

3G adalah teknologi komunikasi nirkabel yang dirancang dengan kecepatan tinggi yaitu 2 Mbps. Perangkat keras yang digunakan untuk mengakses internet menggunakan 3G adalah handphone dengan fasilitas dan SIM card. Sedangkan perangkat yang dibutuhkan untuk menghubungkan HP 3G dengan komputer dengan menggunakan kabel data, sinar infrared atau bluetooth.


Berikut ini adalah perangkat keras yang digunakan untuk mengakses intranet.

1.) Personal Computer (PC)

2.) Ethernet Card, digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya sehingga dapat saling berkomunikasi dan bertukar informasi.

3.) Kabel Jaringan, digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan yang lainnya dan sebagai media penghantar sinyal.

4.) Konektor, digunakan untuk menghubungkan kartu jaringan (ethernet card) dengan kabel jaringan.

5.) Hub, digunakan untuk menyatukan kabel-kabel dari beberapa client untuk dihubungkan ke server.

6.) Repeater, digunakan untuk memperkuat sinyal yang lemah.

7.) Router, digunakan untuk mengatur aliran data dari satu jaringan ke jaringan lain.


Sumber : Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Kelas IX. Penerbit Erlangga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar